BJ.Habibie Kembali “Bertempur” di Dunia Penerbangan

Mantan Presiden BJ.Habibie yang kini berusia 76 tahun kembali ke dunia penerbangan.Perintis  industri dirgantara Indonesia ini, pada hari ini Sabtu, 11 Agustus 2012 di kediamannya di Patra Kuningan 13, Jakarta akan meresmikan Pendirian PT Ragio Afiasi Industri (RAI) yang akan bergerak pada bidang usaha pembuatan pesawat swasta pertama di Indonesia.

PT RAI bekerjasama dengan dua perusahaan swasta yakni PT Ilhabi Rekatama milik Ilham Akbar Habibie dan PT Modal Elang milik mantan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Erry Firmansyah. Sebagian Karyawannya adalah sejumlah eks Karyawan IPTN ( kini PT Dirgantara Indonesia) yang memutuskan pulang dari Luar Negeri  ditambah anak-anak negri yang baru menyelesaikan pendidikan pembuatan pesawat terbang. Sedang BJ Habibie langsung menjabat sebagai Ketua Dewan Komisaris perusahaan tersebut.

Proyek pertama dari PT RAI adalah untuk membangkitkan pesawat N-250 yang pernah diciptakan oleh BJ Habibie semasa masih menjabat menristek pada era Presiden soeharto. Pesawat N-250 dengan kelas 50 – 70 penumpang  ini akan disesuaikan dengan perkembangan  teknologi sekarang. Proyek PT RAI ini akan melibatkan berbagai elemen seperti Kemenristek, BPPT, PT DI , Perguruan Tinggi dan lain-lain.

Pesawat N-250 ini mengingat sejarahnya adalah adalah pesawat regional komuter turboprop rancangan asli IPTN . Pesawat ini dulunya digadang-gadangkan menjadi  primadona IPTN dalam usaha merebut pasar di kelas 50-70 penumpang dengan keunggulan yang dimiliki di kelasnya waktu itu. Pesawat N-250 ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1995 dan menjadi bintang pameran pada saat Indonesian Air Show 1996 di Cengkareng. Pesawat ini dihentikan produksinya setelah krisis ekonomi 1997 hingga sekarang.

Kembalinya BJ Habibie “bertempur” di dunia penerbangan ini tentunya  akan menggairahkan kembali industri pesawat kita.  Perkembangan teknologi dan industri kita akan semakin bergeliat setelah baru-baru “booming” mobil listrik Nasional yang dipelopori Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Semoga kembalinya “gatotkaca” yang sudah sepuh ini dapat menjadi pelecut anak-anak muda negeri ini untuk terus bersemangat, tanpa henti berkreatifitas hingga ajal tiba.

Salam jaya penerbangan indonesia!

Sumber: http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/08/11/bjhabibie-kembali-bertempur-di-dunia-penerbangan-478481.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s