Unsyiah Beri Bantuan Dana Wirausaha bagi 70 Mahasiswa

UnsyiaBANDA ACEH, KOMPAS.com – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, memberikan bantuan berupa dana wirausaha kepada 70 mahasiswa dari berbagai fakultas di perguruan tinggi terbesar di Aceh tersebut. Penyerahan dilakukan di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh, Senin (14/1/2013).  

Rektor Unsyiah, Samsul Rizal, mengatakan, bantuan itu ditujukan untuk memacu kemandirian mahasiswa dalam berwirausaha. Dana wirausaha tersebut merupakan bagian dari program mahasiswa wirausaha (PMW). Setiap mahasiswa mendapatkan modal usaha sebesar Rp 8 juta dan dipotong pajak dua persen.   

Ini diperuntukkan bagi 70 orang mahasiswa, dan harus mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin. Melalui program ini mahasiswa bisa melatih diri, untuk membuka usaha serta bersaing dengan wirausahawan yang lainnya, ujar Samsul.

Dalam kesempatan itu, Samsul berpesan kepada para mahasiswa penerima bantuan bahwa modal awal, untuk menjadi seorang pelaku wirausaha di antaranya adalah ketelitian. Dunia wirausaha merupakan pekerjaan ya ng sangat menantang. Di situ, pelaku usaha akan dihadapkan dengan untung dan rugi.

Oleh sebab itu , diharapkan kepada para mahasiswa penerima modal usaha tersebut mampu membaca peluang agar tercapainya usaha yang diinginkan.  

Selain itu, kata Samsul, mahasiswa jangan sampai melupakan kewajibannya sebagai insan akademis yang dituntut untuk mengabdi. Apabila sukses, mahasiswa memikul tanggung jawab untuk ikut menyukseskan masyarakat. Salah satunya dengan membuka lapangan kerja.

“Kemudian, alangkah indahnya jika wirausaha ini juga bermanfaat bagi orang lain seperti membantu anak yatim dan fakir miskin melalui laba yang dihasilkan,” uca Samsul.  

Dia menambahkan, PMW bertujuan membentuk karakter mahasiswa yang memiliki motivasi untuk mampu menghidupkan dirinya sendiri tanpa menggantungkan pada orang lain. Selain itu, program ini juga mendorong mahasiswa agar mampu m enciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

“Dengan demikian, akan tercipta para lulusan Unsyiah yang mampu menyediakan lapangan kerja, bukan pencari kerja. Mahasiswa Unsyiah harus mampu berdiri di atas kakinya sendiri, bukan hanya fokus menjadi PNS,” katanya.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2013/01/14/2214436/Unsyiah.Beri.Bantuan.Dana.Wirausaha.bagi.70.Mahasiswa?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s