1.500 Pendaki akan Bersihkan Gunung Slamet

PEMALANG, KOMPAS.com – Sekira 1.500 pendaki berasal dari sejumlah daerah akan melakukan kegiatan “Bersih Gunung” di Gunung Slamet yang berada di perbatasan wilayah Pemalang-Tegal-Purwokerto.

Petugas Pendakian Jalur Bambangan Gunung Slamet Sugeng Riyadi di Pemalang, Minggu (3/3/2013) mengatakan, kegiatan tersebut akan digelar pada pertengahan Maret 2013. “Meski kondisi cuaca di sekitar Gunung Slamet masih sering turun hujan lebat, acara tersebut masih tetap dilaksanakan sekitar 13-16 Maret mendatang,” katanya.

Menurut Sugeng, para pendaki yang berasal dari Jakarta dan Surabaya telah memastikan acara “Bersih Gunung” itu. Acara tersebut bertujuan memberikan kesadaran pada setiap pendaki yang melakukan aktivitas pendakian ke Gunung Slamet, agar sadar terhadap kebersihan lingkungan dan tidak meninggalkan sampah di gunung.

Sugeng mengingatkan, para pendaki selalu tetap waspada saat melakukan pendakian ke Gunung Slamet karena kondisi cuaca di sekitar gunung terkadang masih terjadi hujan deras yang disertai badai. “Sementara ini, jalur pendakian ke Gunung Slamet masih cukup aman. Akan tetapi, kami meminta para pendaki tetap waspada sebagai upaya mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” kata Sugeng.

Sugeng mengatakan, untuk melakukan pendakian, petugas akan memberikan beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh para pendaki, seperti tidak melakukan pendakian ke arah puncak gunung di atas pukul 12.00 WIB. “Akan tetapi, meski kondisi cuaca masih sering turun hujan deras, hal itu tidak menyurutkan niat para pendaki menuju arah puncak Gunung Slamet. Selama sepekan terakhir ini, jumlah pendaki bisa mencapai 50-70 orang,” kata Sugeng.

Sumber : http://regional.kompas.com/read/2013/03/03/13574562/1.500.Pendaki.akan.Bersihkan.Gunung.Slamet?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s