Bio Farma – Telkom Bekerjasama Implementasikan ERP

Bandung (ANTARA News) – PT Bio Farma (Persero) menjalin sinergi dengan PT Telkom (Persero) dan Telkom Sigma dalam acara “Kick Off Meeting ERP” yang berlangsung di gedung administrasi Bio Farma.

ERP adalah kepanjangan dari Enterprise Resource Planning atau Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan.

“Kick Off Meeting ERP” ini dilangsungkan untuk mengembangkan sistem informasi berbasis ERP sebagai persiapan Bio Farma menuju perusahaan kelas dunia.

Acara ini dibuka Direktur Utama PT Bio Farma Iskandar, dan dihadiri pula Direktur IT Solutions & Strategic Portfolio PT Telkom Indra Utoyo, Presiden Direktur Telkomsigma Judi Achmadi, Direktur SDM PT Bio Farma Andjang Kusumah,  dan para kepala divisi serta kepala bagian.

Dalam sambutannya,  Iskandar menyampaikan visi lima tahun ke depan PT Bio Farma (Persero) yang harus sudah menjadi perusahaan kelas dunia (world class company).

Bio Farma melakukan berbagai inovasi produk baru dan IT, salah satunya implementasi sistem Microsoft Dynamics Axapta untuk menjadi benchmark, khususnya bagi industri vaksin negara berkembang (Developing Countries Vaccine Manufacturer Network atau DCVMN).

Sementara Indra Utoyo membedah perubahan transformasi, diantaranya sistem dan ekosistem dengan menyebutkan 70% kesuksesan transformasi adalah berkat manusia.

No business problem, then, is people problem,” kata dia, atau ‘yang menjadi masalah adalah orang yang tidak mau berubah, sementara persyaratan terus berubah.’

Untuk itu, menurut dia, perlu pengawasan manajemen perubahan, diantaranya menyakut manusia (people), proses, teknologi, dan informasi.

Sejalan dengan implementasi ERP, Bio Farma juga bekerjasama dengan PT Dunamis untuk meningkatkan sistem manajemen sumber daya manusia (human capital management system) Bio Farma.

Direktur SDM Bio Farma Andjang Kusumah mengatakan PT Dunamis diberi keleluasaan untuk mengubah beberapa sistem atau aturan yang dianggap perlu bagi mewujudkan perubahan yang lebih baik bagi Bio Farma guna dalam mempersiapkan SDM kelas dunia. 

(Public Relations)

COPYRIGHT © 2013

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/352229/bio-farma–telkom-bekerjasama-implementasikan-erp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s